Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Harga Pohon Tanjung 2 Meter

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

 

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Pohon Tanjung merupakan salah satu jenis tanaman yang bukan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari negara India, Sri Lanka dan Burma. Pohon Ini telah masuk nusantara sejak berabad abad silam, jadi bisa i bilang penyebarannya sudah sangat luas dan bukan termasuk tanaman bru yang penanaman nya masih membutuhkan penelitian yang panjang. Pohon Tanjung ini seringkali di sebut dengan nama – nama lain seperti tanjong (Bug., Mak.), tanju (Bim.), angkatan, wilaja (Bal.), keupula cange (aceh), dan kahekis, karikis, kariskis, rekes (berbagai macam bahasa di Sulut).

Ciri – Ciri utama dan khusus yang dimiliki oleh pohon tanjung ini adalah, pohon tanung berbunga harum semerbak dan bertajuk rindang, biasa di tanam di taman – taman ataupun di sisi – sisi jalan. Alasan pohon ini sering di tanam di sisi – sisi jalan adalah karena pohon nya yang rindang dan kayunya yang cukup kuat sehingga sangat pas jika di gunakan sebagai pohon jalanan.

Namun, jika anda ingin menggunakan pohon tanjung ini sebagai pohon koleksi pribadi di rumah, anda juga dapat membeli nya untuk dapat di padu padankan dengan tanaman – tanaman hias lainnya. Kehadiran pohon tanjung di rumah anda akan menambah kesan sejuk dan teduh rumah anda sehingga membuat anda dan keluarga lebih betah berada di rumah.

Untuk mendapat kan pohon tanjung kualitas terbaik, anda dapat menghubungi toko kami. Kami adalah toko yang menjual pohon tanjung berbagai ukuran. Namun ukuran yang seringkali di cari adalah ukuran 2 meter. Harga Pohon Tanjung 2 Meter sendiri kami jual dari harga Rp. 100.000 hingga Rp. 1000.000 tergantung kondisi dari pohon tanjung. Segera lakukan pemesanan dan dapatkan harga terbaik dari kami.

Cara menanam pohon tanjung

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Pohon tanjung merupakan jenis tanaman perdu sekaligus tanaman hias yang biasa di tanam di taman terbuka yang luas. Selain memiliki keindahan bunga, pohon Tanjung yang sudah berumur tua juga memiliki keindahan pohon yang ridang dan artistik. Lantas bagaimanakah cara menanam pohon tanjung agar dapat tumbuh sesuai dengan yang diharapkan?

Cara menanam pohon tanjung hampir sama dengan cara menanam pohon lain pada umumnya. Hanya saja untuk pohon Tanjung perlu perawatan lebih ekstra di awal menanam agar pohon dapat tumbuh dengan baik.

Berikut cara menanam pohon Tanjung :

  1. Gali lobang dengan ukuran 50x50x50 cm
  2. Pisahkah galian sebelah atas dengan bagian bawah
  3. Biarkan lobang selama kurang lebih satu minggu
  4. Masukkan kembali tanah bekas galian kira-kira setengah bagian
  5. Lapisan tanah bagian atas di lapisi dengan pupuk kandang yang sudah bercampur dengan tanah
  6. Ambil bibit yang akan ditanam yang sudah disiram, buka bungkusnya lalu masukkan kedalam tanah galian
  7. Timbun bibit yang sudah dimasukkan ke dalam lubang menggunakan tanah yang sudah bercampur pupuk kandang
  8. Beri steger atau kayu penyangga agar bibit tidak roboh
  9. Jarak antar bibit minimal enam meter
  10. Untuk memudahkan dalam penyiraman, beri selokan dengan jarak kurang lebih satu meter

Jika bibit sudah di tanam, jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin mulai dari setiap sore hari selanjutnya bisa stiap dua hari sekali. Itulah cara menanam pohon Tanjung dengan mudah yang dapat anda praktekkan.

Jual pohon tanjung

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Pohon tanjung yang biasanya kita lihat di tepi jalan sebenarnya memiliki batang kayu yang kuat. Pohon tanjung ini memiliki ukuran sedang dan dapat tumbuh hingga maksimal ketinggian hingga 25 meter. Daya tahan kayu pohon tanjung ini termasuk kedalam keawetan jelas I-II. Yang dimaksudkan adalah pohon tanjung ini sangat tahan terhadap jamur pelapuk kayu dan tahan juga terhadap rayap kayu kering. Dengan kekuatan keawetannya yang masuk ke golongan sedang membuat kayu dari pohon tanjung ini banyak digemari. Kelemahan kayu dari pohon tanjung ini adalah tidakb bisa dikeringkan. Kayu pohon tanjung yang dikeringkan akan membuat kayu melengkung, pecah pada bagian ujung, dan menimbulkan keretakan di permukaannya. Meskipun begitu, masyarakat saat ini sudah mengetahui bagaimana mengeringkan pohon tanjung dengan cara yang lebih aman.

Budidaya pohon tanjung ini sudah banyak diadakan di beberapa wilayah. Beberapa tempat khusus jual pohon tanjung yang memiliki kualitas terbaik sehingga kayu dari pohonnya bisa dimanfaatkan secara optimal. Kayu pohon tanjung yang kuat ini kemungkinan akan disulap menjadi beberapa jenis barang kebutuhan yang dibutuhkan manusia.

Cara perkembangbiakan pohon tanjung

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Pohon Tanjung bukan merupakan pohon asli Indonesia. Awal perkembangbiakan pohon Tanjung bersal dari Negara India dan Srilanka. Pohon dengan nama latin Mimusops Elengi ini telah masuk ke Indonesia sejak berabad-abad tahun lalu. Pohon ini dikenal dengan berbagai sebutan seperti Tanjong, Tanju, dll.

Cara perkembangbiakan pohon Tanjung dari bijinya. Dengan cara buatan, biji pohon tanjung bisa disemai lalu dijadikan bibit. Bunga pohon tanjung sangat mudah gugur. Jaman dulu, bunga pohon tanjung dikumpulkan tiap pagi lalu dijadikan pengharum ruangan serta pakaian.

Selain bunganya, air rebusan akar pohon tanjung ini bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan. Pohon tanjung mengandung minyak dan beberapa asam lemak.

Kayu tanjung dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Sayangnya tingkat keawetan tergolong kelas V (tidak tahan terhadap rayap). Maka jika ingin kayu awet agar dilapisi cat anti rayap. Selain itu, kayu Tanjung juga tidak cocok sebagai bahan perabot atau furniture karena setelah kering, kayu tanjung akan melengkung tidak lagi lurus. Namun demikian, berat kayu yang ringan menjadikan kayu tanjung cocok dijadikan bahan hiasan dekorasi rumah seperti pigura dan kerajinan lainnya.

Pohon Tanjung termasuk jenis tumbuhan yang tahan air. Setelah tumbuh tidak memerlukan banyak air untuk bertahan hidup. Itulah sebabnya banyak yang memilik menanam pohon Tanjung sebagai tananam penghias taman.

Ciri-ciri pohon tanjung

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Ciri-ciri pohon tanjung

Pohon Tanjung biasa kita kenal sebagai tanaman ponoh peneduh. Selain tajuknya yang rindang sebagai peneduh, pohon Tanjung juga dimanfaatkan bunganya sebagai bahan pengharum ruangan. Buah pohon Tanjung juga bisa dimakan dengan rasa manis sedikit sepat dan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Morfologi Pohon Tanjung

Pohon Tannjung berukuran sedang dengan ketinggian maksimal antara 15-25 meter. Tangkainya lebat, rindang dengan banyak daun. Daunnya berbentuk bulat telur hingga lonjong dengan panjang sekitar 9-16 centimeter. Tepi daun rata namun bergelombang. Bunga dari pohon Tanjung memiliki jenis kelamin ganda sendiri atau dua yang menggantung di tangkai daun. Wangi bunga Tanjung semerbak dan mudah rontok tertiup angin.

Sifat-sifat Kayu Tanjung

Kayu Tanjung bersifat padat. Kayu Tanjung bisa dimanfaatkan sebagai pasak dalam membuat perahu, gagang cangkul, lemari atau perkakas rumah lainnya. Kayu tanjung juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan patung atau bantalan rel kereta api, namun tentunya harus dilapisi bahan anti rayap biar awet.

Kekuatan Kayu tanjung

Dalam segi keawetan, Kayu Tanjung tergolong memiliki keawetan kelas I-II. Daya tahan terhadap jamur tergolong kelas II, sedangkan daya tahan terhadap rayap tergolong kelas IV (tidak tahan). Dari semua daya tahan tersebut, maka kayu Tanjung tergolong memiliki tingkat keawetan sedang.

Saying kayu Tanjung tidak dapat dikeringkan dengan baik. Setelah kering kayu Tanjung cenderung melengkung. Maka pengeringan harus ekstra hati-hati agar Kayu tanjung tidak terlalu melengkung dan pecah-pecah setelah kering.

Pohon bunga tanjung

Jual Pohon Tanjung di Jakarta Pusat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

jual pohon tanjung

Pohon Tanjung (Mimusops Elengi L.) merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang cukup prospektif untuk dipergunakan dalam program pengembangan hutan kota, karena memiliki multi fungsi. Tanaman tanjung memiliki ketahanan yang tinggi terhadap pencemaran debu semen dan kemampuan yang tinggi dalam menjerap (adsorpsi) dan menyerap (absorpsi) debu semen, tidak peka terhadap pencemaran udara walaupun kemampuan jerapannya terhadap timbal rendah, dapat menghasilkan bau harum yang dapat menetralisir bau busuk, bunganya dapat diambil dan dimanfaatkan masyarakat guna meningkatkan taraf gizi/ kesehatan dan penghasilan masyarakat dan mempunyai nilai estetika.

Pohon Kayu Tanjung bersifat padat, berat, dan keras. Biasa dimanfaatkansebagai bahan pasak dalam pembuatan perahu, tangkai tombak dan tangkai perkakas lain, almari dan mebel, serta untuk tiang rumah. Juga baik untuk dijadikan bahan ukiran, patung, penutup lantai, jembatan, serta untuk bantalan rel kereta api. Kayu Tanjung tergolong kayu yang mudah dikerjakan dengan hasil yang amat baik. Ia dapat diserut, dibor, dilubangi persegi, dan diamplas dengan hasil yang sangat baik, serta dibentuk dan dibubut dengan hasil yang baik hingga sangat baik. Kayu teras Tanjung berwarna coklat tua, sedangkan warna kayu gubalnya lebih muda dengan batas-batas yang jelas. Teksturnya halus dan merata, dengan arah serat lurus, agak bergelombang, atau sedikit berpadu. Berat jenis kayu tanjung berkisar antara 0,92 – 1,12 (rata-rata 1,00), dan termasuk kelas kuat.

Keawetan kayu tanjung termasuk dalam kelas I-II. Daya tahan kayu tanjung terhadap jamur pelapuk kayu termasuk kelas II, sementara terhadap rayap kayu kering termasuk kelas IV (tidak awet, red). Dalam pada itu, keterawetannya tergolong sedang. Sayangnya, kayu tanjung tidak mudah dikeringkan dengan hasil yang baik. Sebab, apabila dikeringkan, kayu ini cenderung melengkung, pecah ujung, dan retak-retak permukaannya.