Pohon Pinang Merah

Pohon Pinang Merah

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0812 4947 0015

Pohon Pinang Merah

Siapa yang belum mengenal sosok pinang merah? Pinang merah memiliki nama marga yaitu Cyrtostachys yang berasal dari  bahasa latin “kyrtos” berarti melengkung dan “stachys” berarti tandan bunga. Nama latin dari pinang merah adalah Cyrtostachys lakka Becc. Pinang merah juga memiliki sebutan nama lain seperti sealing wax, lipstick palm (internasional), palem merah (Indonesia).

Ciri-ciri pohon pinang biasa ditanam di pekarangan, taman, atau dibudidayakan. kadang tumbuh liar di tepi sungai dan tempat lain dan dapat ditemukan dari 1-1400 m di atas permukaan laut.  Pohon berdiamer 15-20 cm ini memiliki batang yang langsing lurus tegak sekitar tinggi 10-30 m. Ciri daunnya yang memiliki tangkai daun pendek ini daun majemuk yang menyirip, tumbuhnya pun berkumpul pada ujung batang. Panjang daun sekitar 1-1,8 m, anak daun 85 cm, dengan lebar 5 cm. Pelepah daunnya berbentuk tabung, sekitar 80 cm panjangnya. Tekstur daunnya pun ujungnya sobek dan nampak bergigi.

Pohon pinang memiliki tongkol Bunga dengan panjang yang akan terlihat keluar dari bawah roset daun. Tongkol bunga ini ukuran Panjang 75 cm dan memiliki tangkai pendek namun bercabang rangkap. Pohon pinang memiliki Bunga betina dan Bungan jantan. Bunga jantan terletak tersusun dalam dua baris tertancap dalam alur di atas bunga betina. Buahnya berwarna merah jika masak, biji satu, bentuk kerucut agak bulat. Nah sudah tahu panjang lebar tentang ciri pohon pinang merah kini saatnya kami berbagi tentang upaya sukses pembibitannya yang informasinya langsung anda peroleh dari petani pinang merah untuk itu silahkan hubungi kami sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: