Jual Bibit Matoa di Kendari

MATOA

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Matoa merupakan tanaman buah khas dari Papua Nugini. Tanaman ini tergolong sebagai pohon besar dengan ketinggian rata-rata 18 meter. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ini tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi di Papua, dari pantai hingga penggunungan, dan dari tanah basing hingga tanah kering. Daunnya mirip dengan daun dari pohon rambutan, tetapi agak lebar. Umumnya, pohon matoa berbuah sekali dalam setahun pada bulan Juli hingga Oktober dan buahnya dapat dipanen 3 sampai 4 bulan kemudian.

Buah matoa memiliki cita rasa yang manis, sedikit kecut, dan menyegarkan. Di Papua sendiri, terdapat dua buah jenis buah matoa yang terkenal yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Matoa kelapa memiliki tekstur daging yang kenyal seperti rambutan sementara matoa papeda memiliki tekstur daging buah yang lebih lembek dan sedikit lengket.

Buah matoa memiliki kandungan Vitamin C yang berguna menguatkan sistem imun dalam tubuh serta Vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, buah matoa memiliki manfaat dan khasiat untuk kecantikan dan kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Di antaranya adalah sebagai antioksidan alami yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit, menambah energi saat beraktivitas sehingga tidak mudah lelah, mencegah penuaan dini dengan menyamarkan garis halus dan timbulnya keriput pada wajah, membuat kulit tetap halus dan cerah, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain.

BIBIT BUAH MATOA

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang sangat unik karena berasal dari Papua. Buah dari tanaman ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Jika sudah mengetahui manfaat dari buah matoa ini, pastilah aka nada banyak orang yang ramai-ramai mencari untuk membeli buah yang satu ini. Saat ini, di beberapa wilayah Jawa, sudah banyak yang menanam pohon matoa sehingga orang-orang yang tinggal di pulau Jawa dapat membeli buah matoa. Buah matoa mirip dengan buah pinang dengan ukuran kecil, tekstur dagingnya mirip seperti rambutan atau kelengkeng tetapi lebih kenyal. Rasanya pun manis dan sedikit kecut, tetapi menyegarkan.

Penanaman buah matoa dapat dilakukan dengan mengumpulkan biji-biji yang terdapat pada buah matoa. Kemudian disemai terlebih dahulu di polybag. Baru setelah itu siap dipindahkan di kebun. Pohon matoa dapat tumbuh dengan baik di daerah yang curah hujannya tinggi tetapi tanahnya tidak tergenang. Meskipun dapat ditanam di daerah dataran rendah, pohon matoa yang ditanam di dataran tinggi menghasilkan buah yang kualitasnya jauh lebih baik namun masih di bawah ketinggian 800 m dpl.

Para petani juga mengumpulkan biji-biji buah matoa dari buah yang jatuh. Kemudian mereka menjualnya kepada orang-orang yang ingin membudidayakan tanaman matoa di wilayahnya. Ada juga yang menanamnya sendiri hingga pohonnya berbuah sehingga mereka dapat menjual dan mengonsumsi buah matoa itu sendiri.

Jual bibit matoa

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Salah satu buah yang mengandung banyak manfaat dan juga memiliki rasa yang nikmat dan juga manis adalah buah matoa. Buah matoa ? Iya buah matoa. Buah matoa ini merupakan buah khas yang sebenarnya berasal dari papua dan juga tidak semua daerah di indonesia yang memiliki buah matoa. Sehingga menjadikan buah matoa ini menjadi eksklusif. Selain karena rasanya yang enak ternyata buah matoa ini memiliki banyakmanfaat diantaranya untuk kesehatan dan juga untuk kulit. Mengenai rasa manis dari buah matoa ini hampir mirip dengan buah kelengkeng dan juga buah rambutan yang banyak terdapat di pasaran. Mengenai deskripsi buah matoa sendiri, buah matoa ini memiliki warna merah keunguan dengan sedikit semburat warna hijau yang indah dipandang oleh mata. Mengenai buah matoa ini memiliki bentuk yang lonjong sama dengan sawo.

Salah satu manfaat buah matoa adalah sebagai antioksidan. Khasiat buah matoa adalah sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh anda dari radikal bebas. Salah satu efek negatif dari radikal bebas yakni sel tubuh bisa maupun dapat rusak dan juga memicu tumbuhnya sel kanker yang akan menyerang tubuh. Nah, lebih baik lagi apabila anda menanam sendiri tanaman buah matoa sehingga nantinya anda akanmendapatkan manfaatnya. Lalu dimanaanda dapat membeli bibitnya? Anda dapat membeli secara online kepada kami. Dan kami akan memberikan harga yang miring dan juga kualitas yang terjamin. Untuk anda yang tertarik dan juga ingin bertanya lebih lanjut dapat menghubungi kami di nomer. tentu kami akan dengan senang hati membantu anda. Karena kepuasan anda adalah kebahagiaan bagi kami.

Bibit pohon matoa

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Mungkin buah yang satu ini namanya masih tetap terdengar asing di telinga orang-orang serta belum juga banyak di ketahui oleh beberapa orang. Tanaman ini adalah tanaman buah asli ciri khas Papua. Pohon matoa bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian ± 1200 m dpl dengan susunan tanah kering (tidak digenangi) yang tidak tipis. Pohon matoa memerlukan iklim dengan curah hujan tinggi ( 1200 mm/th.) supaya bisa tumbuh dengan baik.

Untuk membudidayakan buah matoa, dibutuhkan langkah perawatan yang benar supaya bisa tumbuh dengan baik serta hasilkan buah yang mutunya bagus. Pohon matoa bisa ditanam di pot, namun kwalitas buah yang dibuat akan tidak maksimum dibanding dengan yang ditanam segera di tanah. Ada dua langkah yang dapat dikerjakan untuk menanam tanaman matoa yakni lewat cara menanam bijinya segera (generatif) atau lewat pencangkokan batang (vegetatif). Langkah vegetatif adalah langkah yang paling baik karna bisa hasilkan buah matoa dengan rasa yang sama juga dengan pohon induknya.

Bila menginginkan mempersiapkan bibit dari hasil cangkok (vegetatif), jadi mesti pilih pohon induk yang telah dapat dibuktikan hasilkan buah dengan kwalitas yang begitu bagus baik dari rasa ataupun struktur. Pastikan satu diantara cabang pohon yang tidaklah terlalu tua, tapi juga tidaklah terlalu muda. Lantas awalilah mencangkok lewat cara yang benar yakni dengan menyayat kulitnya untuk menyingkirkan kambiumnya lantas tutuplah dengan tanah yang dibungkus plastik atau sabut kelapa. Bila menginginkan budidaya matoa dengan generatif, semailah biji matoa yang datang dari buah matoa yang telah tua, biarlah sampai tingginya menjangkau 10-15 cm lantas pindahkan ke polybag. Rawatlah tanaman ini sampai tingginya 40-50 cm sebelumnya dipindahkan ke tempat yang permanen. Bila sudah lakukan penanaman lewat cara yang benar, pohon matoa juga akan hasilkan buah yang mutunya bagus.

Jual bibit tanaman matoa

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Tanaman matoa merupakan tanaman yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Karena buahnya yang sangat unik dan memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Saat ini di beberapa daerah sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini. Namun buahnya masih jarang terdapat di pasar-pasar dan hanya terdapat di beberapa daerah tertentu saja yang memiliki lahan untuk tanaman matoa ini. Dikarenakan pohon matoa sebaiknya tumbuh di daerah yang memiliki dataran tinggi dan curah hujan yang tinggi juga agar dapat menghasilkan buah yang bagus karena bila tumbuh di dataran rendah, kualitas buah yang dihasilkan tidak sama bagusnya dengan yang tumbuh di dataran tinggi. Sehingga tidak semua wilayah memiliki lahan yang cukup bagus untuk membudidayakan tanaman matoa.

Bibit tanaman matoa sekarang banyak dijual sehingga masyarakat dapat menanam sendiri pohon matoanya tanpa harus mencari pohon yang tinggi untuk melakukan cangkok tanaman (jika ingin menanam dengan metode cangkok). Mereka banyak menawarkan kualitas dan keunggulan dari bibit yang dijual. Kisaran harganya sekitar 30.000 sampai 65.000 rupiah tergantung dari berat dan tinggi dari bibit pohon tersebut. Ketika sudah membeli bibit pohon matoa, tanaman tersebut dapat langsung ditanam di pot atau di tanah langsung namun memerlukan cara perawatan yang benar. Para penjual bibit tanaman matoa juga telah membuat deskripsi tentang bagaimana merawat pohon matoa yang benar, sehingga orang-orang yang ingin membeli bibit pohon matoa dapat mengetahui secara langsung tentang pembudidayaan tanaman matoa dan mereka dapat langsung mempraktekannya dengan benar.

Bibit matoa unggul

Jual Bibit Matoa di Kendari

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!
0812 4947 0015

Jual Bibit Matoa

Pembudidayaan tanaman matoa dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara menanam bijinya secara langsung (generatif) atau dengan cara melakukan cangkok tanaman (vegetatif). Untuk dapat mendapatkan hasil kualitas buah yang unggul, biasanya akan dipilih pembudidayaan dengan cara vegetatif karena kualitas buah yang dihasilkan bisa jauh lebih baik daripada cara generatif dan buah yang dihasilkan akan sama kualitasnya dengan yang dihasilkan pohon induk. Namun pembudidayaan dengan cara cangkok tanaman ini memerlukan teknik yang khusus serta benar. Dimulai dari pemilihan pohon, teknik mencangkok tanaman, serta perawatan tanaman matoa yang baik dan benar.

Untuk menyiapkan bibit matoa yang unggul, pilihlah pohon induk yang memiliki buah berkualitas super. Lalu buatlah cangkokan pada cabang pohon yang tidak terlalu muda tapi tidak terlalu tua juga. Jika sudah membuat cangkokan sebelumnya, siramilah secara rutin dan cangkokan akan mengeluarkan akar, setelah itu potonglah cangkokan tersebut tepat di bawah area akar. Kemudian pindahkanlah ke dalam polybag yang sudah diisikan tanah dan pupuk kompos. Rawatlah tanaman tersebut hingga tumbuh. Setelah itu, siapkanlah lubang di tanah untuk memindahkan tanamannya dari polybag.

Tanaman matoa dapat ditanam di dalam pot besar atau potongan drum yang harus diisi terlebih dahulu dengan tanah dan pupuk kompos/kandang. Namun sebaiknya ditanam langsung di tanah karena kualitas buah yang dihasilkan akan lebih unggul dan lebih maksimal dibandingkan dengan yang ditanam di pot.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.
%d bloggers like this: